Harga Cabai Masih Mahal, 'Nimbole Makang Kalu Nyanda Ada Rica' - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 15 Januari 2022

    Harga Cabai Masih Mahal, 'Nimbole Makang Kalu Nyanda Ada Rica'

    courtesy : cookpad
    "Harga normal cabai biasanya antara Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram," ungkap seorang pedagang keliling yang setiap hari menjajakan dagangannya ke rumah-rumah warga di kawasan Kelurahan Batulicin dan Gunung Tinggi Tanah Bumbu.

    Menurutnya, saat ini harga Cabai masih di kisaran Rp 80 ribu per kilo, setelah beberapa waktu lalu sempat berada di harga lebih dari Rp 100 ribu per kilo.

    "Nimbole makang kalu nyanda ada rica'. 
    Itu kalimat jargon dari suku Minahasa (Manado), yang artinya; tidak bisa makan tanpa cabai rawit. Karena itu tidaklah heran jika warga Manado mayoritas selalu mengonsumsi makanan dengan cabai rawit sebagai bumbu utamanya.

    Adapun suku lainnya di Indonesia yang diketahui senang mengonsumsi makanan pedas atau cabai antara lain Minangkabau (Padang), Jawa, dan Sunda. Sementara suku Banjar digolongkan sama dengan suku Melalyu yang hanya sekitar 20 persen suka mengonsumsi cabai. 

    Dikutip dari Tribunnews minggu lalu harga cabai rawit di Kota Manado kurang lebih dengan di Tanah Bumbu yakni nerkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu. Sedangkan harga cabai merah Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per kilonya. (Red)




      Penulis : Imi Surya Putra

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...