Selain Tangani Pandemi Covid-19 Kapuas Bersiap Hadapi Karhutla - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 12 Agustus 2021

    Selain Tangani Pandemi Covid-19 Kapuas Bersiap Hadapi Karhutla

    “Kami mengajak dan mengimbau kita semua bahu-membahu menangani kebakaran hutan dan lahan guna menekan jumlah hotspot yang terbakar di Kabupaten Kapuas sesuai komitmen bersama pemerintah pusat dan propinsi,” kata Bupati Kapuas, Ben Brahim S. Bahat.

    Bupati Kapuas memimpin apel gelar pasukan dan sarana prasarana kesiapan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kapuas Tahun 2021 ini. Kegiatan ini dilakukan serentak bersamaan dengan seluruh Kabupaten yang ada di Propinsi Kalteng secara virtual, di halaman Kantor Bupati Kapuas, Kamis (12/08/21).

    Apel juga dihadiri Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti, Dandim 1011/KLK, Letkol Inf Ary Bayu Saputro, perwakilan Kejari, DPRD Kapuas, Sekdakab, Septedy dan seluruh Kepala Oganisasi Perangkat Daerah (OPD).

    Bupati Kapuas dalam amanatnya menyampaikan, saat ini pemerintah baik pusat maupun daerah, propinsi, kabupaten/kota sedang fokus pada penangan Covid-19 sehingga bencana non alam ini memaksa kita untuk merubah tatanan kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat guna menghindari infeksi virus yang sangat mematikan tersebut.

    “Kita wajib menerapkan perilaku hidup sehat dan rutin menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari dan paling terpenting pada masyarakat Kabupaten Kapuas untuk tidak mengumpulkan orang banyak,” tutur Bupati.

    Ditambahkannya, di saat menghadapi pandemi Covid-19, kita juga tengah dihadapkan dengan kondisi musim kemarau berdasarkan BMKG saat ini kita telah memasuki awal musim kemarau yang merupakan peringatan dini terjadinya kebakaran hutan karena hampir sebagian besar kondisi lahan di Kabupaten Kapuas adalah lahan gambut terutama di daerah pasang surut. Kondisi ini harus menjadi perhatian bagi semua, berkomitmen untuk melakukan upaya pencegahan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan guna menghindari terjadinya bencana yang lebih besar. (Dolok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...