Program Peternakan SiKomandan, Kotabaru Miliki Potensi Besar Ternak - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 05 Agustus 2021

    Program Peternakan SiKomandan, Kotabaru Miliki Potensi Besar Ternak

    Potensi peternakan di wilayah Kabupaten Kotabaru termasuk di Kecamatan Kelumpang Hilir sangat besar. Berdasarkan data yang diungkap oleh Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin, kurang lebih 12.490 ekor untuk sapi, kerbau 1.900 ekor, dan populasi sapi perah 11 ekor. 

    Data tersebut ia sampaikan saat mendampingi kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru, Said Jafar dan Andi Rudi Latif ke Kecamatan Kelumpang Hilir, Kamis (05/08/21). 

    Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru menghadiri kegiatan Pelayanan Ternak Terpadu yang merupakan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SiKomandan) di Desa Telagasari Kecamatan Kelumpang Hilir bersama Kelompok Tani Dharma Bakti Telagasari sebagai wujud dukungan Seratus Hari Kerja (Bersahaja) Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru. 

    Ditambahkan oleh Hairuddin, untuk potensi integrasi sawit dan sapi 31.793 hektar dengan daya tampung ternak sebesar 63.586 ekor. 

    “Integrasi sawit sapi ini adalah salah satu upaya memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan biaya murah, mengingat saat ini biaya perawatan sapi ini masih tinggi di daerah kita, sehingga sulit bersaing dengan daerah lain,” terang Hairuddin pula. 

    “Ini kan luar biasa sekali, jumlah sapi yang ada di peternakan Desa Telagasari ini sudah mencapai ribuan, tentu ini mendukung agrobisnis yang ada, dengan demikian jika memerlukan daging sapi kita tidak perlu keluar lagi mencari, termasuk pakannya pun sudah diolah secara mandiri oleh kelompok tani disini,” tanggap Bupati Kotabaru. (Anto)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...