Opini | Silakan ke Anggota Legislatif Lainnya, Itu Bukan Bidang Saya - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 09 Agustus 2021

    Opini | Silakan ke Anggota Legislatif Lainnya, Itu Bukan Bidang Saya

    Ketika seseorang mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif; yang diperlukannya adalah partai politik sebagai kendaraannya untuk mengantarkannya ke kursi yang diinginkannya. Selanjutnya adalah melengkapi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilu atau para pakar bahasa menyingkatnya sebagai KPU.

    Persyaratan termasuk diantaranya tanda tamat atau lulus pendidikan dari berbagai bidang studi baik umum maupun kejuruan. Persyaratan pendidikan tak ada mencantumkan pendidikan bidang khusus, misalkan yang hanya boleh mencalonkan sebagai Anggota Legislatif adalah yang basis pendidikannya ilmu politik, ilmu pemerintahan dan sebagainya.


    Latar belakang dan basis pendidikan apa saja boleh mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif.

    Nah, ketika sudah terpilih sebagai Anggota Legislatif, maka kemudian para Anggota Legislatif itu dipilih untuk ditempatkan ke sejumlah komisi yang membidangi tugas yang telah ditentukan yang tujuannya untuk mempermudah pelaksanaan tugas legislasi dan melaksakan aspirasi masyarakat maupun konstituen.

    Namanya juga 'Wakil Rakyat, maka tugas dan kewajibannya adalah mewakili rakyat, masyarakat untuk memperoleh berbagai hal yang menjadi haknya.

    "Itu bukan bidang saya, silakan ke Anggota Legislatif lainnya yang membidangi masalah itu."

    Pernyataan tersebut di atas jangan sampai terlontar dari mulut seorang Anggota Legislatif, karena kalian dipilih itu bukan untuk menyampaikan hal khusus saja tapi semua yang menjadi aspirasi masyarakat.

    Begitupun, ketika anda belum terpilih sebagai Anggota Legislatif; anda adalah milik partai politik, tapi ketika anda sudah terpilih, maka anda adalah milik masyarakat yang tidak saja masyarakat yang memilih anda tapi juga yang bukan pemilih anda.

    Negarawan maupun Politisi adalah mereka yang berpola pikir tidak parsial apalagi primordialis, tapi berpikir dan berkerja untuk kepentingan umum bukan kelompok. Dalam menerima aspirasi para Negarawan dan Politisi selalu open minded alias selalu terbuka bukan mencari dalih karena yang menyampaikan aspirasi bukan bagian dari pemilih dan konstituen.

    Selamat berkerja untuk masyarakat, jangan lupa bahagia karena sudah terpilih sebagai Anggota Legislatif, sampai jumpa di 2024. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...