Kubah Pagatan Terakhir Dipugar Tahun 1993 Diresmikan Bupati Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 05 Juli 2021

    Kubah Pagatan Terakhir Dipugar Tahun 1993 Diresmikan Bupati Kotabaru

    "Kami belum ada memerintahkan untuk merehab pendopo Kubah Pagatan," ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah, ST, Senin (05/07/21).

    Tadinya dikiran pembongkaran atap pendopo Kubah Pagatan adalah tanda dimulainya rehab terhadap objek wisata religi yang pengelolaannya di bawah koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu itu. Namun ternyata pihak Dinas PUPR belum ada memulai pekerjaan apapun disana.


    "Rencananya memang kami akan melakukan rehab terhadap Kubah Pagatan itu secara keseluruhan, tapi saat ini belum, masih kami susun perencanaannya," tambah Subhansyah.

    Kubah Pagatan yang terletak di kawasan Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir itu, diketahui sudah lama menjadi tempat tujuan wisata religi oleh banyak warga yang tidak saja dari kawasan tanah Bumbu tapi juga luar daerah. 

    Dari beberapa sumber; Kubah Pagatan terakhir diketahui pemugarannya pada tahun 1993, yang mana peresmiannya sesuai prasasti yang berada di lokasi kubah; dilakukan pada 14 Desember 1993 oleh Bupati Kotabaru waktu itu, Tata M. Anwar, dan prasasti turut ditandatangani oleh Guru Ijai (KH. Zaini Abdul Ghani). (Red) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...