Pohon Halaban, Bahan Baku Pembuatan Kayu Arang - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 05 April 2021

    Pohon Halaban, Bahan Baku Pembuatan Kayu Arang

    Pohon ini tergolong mudah tumbuh dimana saja di daratan Pulau Kalimantan. Warga setempat menyebutnya pohon Halaban yang memiliki nama Latin Vitex Pubescens Vahl.

    Tumbuh baik di lahan kering maupun basah maupun rawa. Pohon ini dapat tumbuh hingga belasan bahkan puluhan meter dengan diameter pokok pohon yang lumayan besar pula.

    Pohon Halaban yang sepintas dari jauh mirip pohon Bungur ini, biasanya digunakan oleh warga untuk bahan bakar atau kayu bakar untuk keperluan dapur. Selain itu karena kayu pohon ini tergolong keras; banyak ditebang dan dijadikan bahan baku pembuatan kayu arang (Charcoal).

    Namun karena sifatnya yang keras, terdapat pula warga yang menjadikannya sebagai rangka untuk membuat perahu maupun sampan.

    Pohon Halaban ini sangat mudah ditemukan di kumpulan semak karena mudah tumbuh dan tahan terhadap kebakaran hutan, karena bibit-bibitnya akan selalu tumbuh jika tiba musim hujan. Namun jika penebangan untuk bahan baku pembuatan kayu arang tak terkontrol; maka bukan mustahil pohon Halaban ini akan jadi langka. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...