[Infokus] Agar Warga Tanah Bumbu Tahu, RS Husada Sudah Tak Ada - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 03 Maret 2021

    [Infokus] Agar Warga Tanah Bumbu Tahu, RS Husada Sudah Tak Ada

    Hanya ada 1 rumah sakit milik Pemerintah Daerah di Kabupaten Tanah Bumbu.

    Nama rumah sakit itu selalu disebut kebanyakan warga Tanah Bumbu sebagai Rumah Sakit Husada. Padahal nama rumah sakit yang pernah menempati bangunan bekas penginapan di kawasan Sungai Kecil Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat itu; sudah lama tidak ada, dan kini kembali berfungsi sebagai penginapan dengan nama Hotel Tanah Bumbu.

    Lalu rumah sakit Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dimana ?

    Letaknya berada di Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir, atau hanya beberapa meter bersebelahan dengan gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, yakni RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor atau oleh pihak rumah sakit disingkat DHAAN.

    Nama rumah sakit pertama milik Pemda Tanah Bumbu diberikan oleh dr. Zairullah Azhar saat menjadi Pejabat Bupati di awal terventuknya Kabupaten Tanah Bumbu, mengambil tempat bangunan penginapan yang kala itu bernama Hotel Simpang. 
    Rumah sakit tersebut lengkapnya bernama Amanah Husada, namun kebanyakan orang menyebutnya rumah sakit Husada saja.

    Beberapa tahun kemudian rumah sakit Amanah Husada menempati bangunan baru yang cukup representatif dan luas di kawasan Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir itu. 

    Di era pemerintahan Mardani H. Maming sebagai Bupati Tanah Bumbu, nama RSUD Amanah Husada diubah namanya menjadi RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor yang diambil dari nama seorang Dokter putra daerah Tanah Bumbu yang dianggap cukup berjasa dan berkontribusi bagi dunia kesehatan.

    Oleh sebab beberapa hal nama baru tersebut kurang terkenal, sehingga tetap kebanyakan warga Tanah Bumbu bahkan warga daerah sekitar; tetap menyebutnya Rumah Sakit Husada. 
    Kemungkinan dikarenakan nama yang terlalu panjang, kebanyakan warga sudah sangat familiar dengan nama lama, atau bisa pula karena kurangnya sosialisasi oleh pihak RSUD sendiri. 

    Kalau nama RSUD tersebut dirasa kepanjangan, kemungkinan bisa disingkat penyebutannya misalkan RSUD Andi, RSUD Abdurrahman, RSUD Durahman, atau RSUD Noor. 
    Nah, tinggal warga enaknya mau menyebut apa, yang jelas RSUD Amanah Husada atau RSUD Husada tak ada lagi di Tanah Bumbu. Sama saja dengan RS Swasta yang ada di Tanah Bumbu yakni RS Marina Permata, kebanyakan warga hanya menyebutnya sebagai Rumah Sakit Marina saja. Atau mau dikembalikan namanya ke asal karena si pemberi nama kembali jadi Bupati ? (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...