Diskusi Kebahasaan Terkait Medsos di Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 09 Maret 2021

    Diskusi Kebahasaan Terkait Medsos di Kotabaru

    Plh Bupati Kotabaru, Drs. Said Akhmad, MM membuka secara resmi acara diskusi kelompok terpumpun resolusi konflik kebahasaan, di Operation Room Setdakab, Selasa (09/03/21).

    Diskusi ini diadakan oleh Balai Bahasa Propinsi Kalsel dan dihadiri oleh Kapolres Kotabaru, Kepala Diskominfo Kotabaru, LSM, Aktivis, serta tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya Said Akhmad, mengatakan persoalan bahasa merupakan satu diantara dampak buruk yang bisa menimbulkan konflik sosial.

    Munculnya persoalan kebahasaan tidak terjadi dengan sendirinya dan tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya konflik kebahasaan diantaranya adalah dari kehadiran jejaring sosial.

    "Di satu sisi media sosial menjadi tempat berinteraksi, bersilaturahmi dan berkomunikasi bagi masyarakat di dunia maya. Namun tidak jarang juga disalahgunakan sebagai tempat untuk menyebar berita bohong (hoax), ujaran kebencian, pencemaran nama baik dan lainnya yang dapat menimbulkan perpecahan," tutur Mantan Sekdakab Tanah Bumbu itu.

    Melalui diskusi kelompok ini, lanjut Said, diharapkan dapat menangkal atau mananggulangi konflik kebahasaan yang dapat terjadi di masyarakat khususnya yang berasal dari media sosial. 

    "Media sosial bukan untuk dihindari tetapi harus dikelola dengan baik, karena bagaimanapun juga media sosial dapat berperan sebagai alat komunikasi yang baik," ungkapnya pula.

    Plh Kepala Balai Bahasa Propinsi Kalsel, Mangara Siagian, mengucapkan terimakasih atas sambutan dan diterimanya kedatangannya di Kabupaten Kotabaru.

    Dijelaskannya, tujuan dari diadakannya diskusi ini untuk menumbuhkan kesadaraan masyarakat dalam penggunaan bahasa di media sosial sehingga tidak terjadi konflik di masyarakat.

    Acara diskusi ini dibawakan 4 Narasumber yaitu Plh Bupati Kotabaru, Kepala Diskominfo Kotabaru, KKLP Bahasa Jahdiah, dan dari Polres Kotabaru, Prayuda Bima. (RS/Rel)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...