14 SKPD dan 19 Kecamatan di Kotabaru Gandeng Kearsipan Propinsi Kalsel - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 19 Maret 2021

    14 SKPD dan 19 Kecamatan di Kotabaru Gandeng Kearsipan Propinsi Kalsel

    Tim Kearsipan Kabupaten Kotabaru menggandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Kalsel untuk mengadakan sosialisasi dan koordinasi bersama yang diikuti oleh 14 SKPD dan 19 Kecamatan di Kotabaru.

    Dilaksanakan di satu hotel di Banjarbaru, Selasa (16/03/21) lalu, dihadiri Asissten Administrasi Umum Setdakab Kotabaru dengan Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Kalsel, Fendi Trisunuaribowo P.

    Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotabaru, H. Gusti Syahruddin, menjelaskan kegiatan tersebut untuk mengaktifkan kembali Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada SKPD dan Kecamatan, sebelum dilaksanakannya perubahan website nomenklatur menjadi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis). Serta untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada SKPD dan Kecamatan dalam penataan dan pengelolaan arsip Dinamis (Aktif dan in aktif) sampai penyerahan arsip Statis ke Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten Kotabaru.

    "Semoga melalui kegiatan ini akan timbul kesadaran dan ketaatan dalam penataan pengelolaan arsip secara baku sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan sebagai alat bukti yang sah, sehingga akan terwujud tertibnya arsip pada Pemkab Kotabaru," harapnya.

    Asissten Administrasi Umum Setdakab Kotabaru, H. Murdianto, dalam sambutannya mengatakan arsip ini merupakan identitas dan jatidiri bangsa serta sebagai memori, acuan dan bahkan untuk pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, maka harus dikelola dan diselamatkan oleh negara.

    Untuk tersedianya arsip yang otentik dan terpecaya, lanjutnya perlu penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan dalam menghadapai tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara, khususnya pemerintahan yang baik dan bersih guna peningkatan kualitas pelayanan publik.

    "Melalui kegiatan ini kami berharap kearsipan SKPD di Kotabaru akan menjadi lebih baik, sehingga nantinya audit kearsipan dapat bernilai cukup atau lebih optimis lagi bernilai baik atau sangat baik. Kita nantinya juga akan memasukkan pengawasan kearsipan internal kepenilaian SKPD," tutupnya. (RS/Rel)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...