Sepatu Merk Bata, Pernah Jadi Peringkat Pertama di Dunia - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 23 Februari 2021

    Sepatu Merk Bata, Pernah Jadi Peringkat Pertama di Dunia

    courtesy : blog faktasejarahunik
    Jika anda mengalami masa anak-anak, remaja maupun dewasa di tahun 1080-an, tentu pernah mengenal merk sepatu Bata, atau bahkan memakainya.

    Nah, sepatu merk Bata ini menurut beberapa sumber; sudah ada di Indonesia sejak tahun 1931, yang pabriknya berada di kawasan Kalibata Jakarta Selatan, sehingga banyak orang mengira merk tersebut ada kaitannya dengan nama Kalibata.

    Sepatu yang pernah sangat populer di Indonesia ini menurut catatan Wikipedia; diproduksi oleh perusahaan yang terdaftar di Zlin Cekoslovakia yang negaranya kini sudah pecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia. 

    Produsen sepatu merk Bata ini adalah T&A Bata Shoe Company milik 2 bersaudara Tomas; Anna dan Antonin Bata. Sepatu Bata sempat menduduki peringkat pertama di dunia sebagai sepagai sepatu yang paling banyak dipakai dari tahun 1900 hingga tahun 1926 sebelum digeser oleh merk Converse di tahun 1927.

    Sepatu merk Bata melorot ke peringat ke 2 di bawah merk Converse, dan kembali digeser oleh merk Lee Cooper di tahun 1940, sehingga Bata berada di urutan ke 3.

    Di tahun 1976 sepatu merk Bata kembali digeser oleh merk Adidas ke urutan ke 4. Adidas sendiri di tahun 1982 menggeser posisi Lee Cooper dari peringkat ke 2. 

    Pada tahun 1983 Bata berada di peringkat ke 5 karena digeser oleh merk Puma, dan pada 1985 kembali digeser oleh merk Reebok. Di tahun 1986 merk Bata digeser lagi oleh merk Johnston and Murphy sehingga berada di peringkat ke 7.

    Produsen sepatu baru pun terus bermunculan dan saling berlomba menjadi yang terfavorit dan terpopuler. Namun di tahun 1988 merk Bata kembali menggeser merk Johnston and Murphy. Tapi di tahun 1992 merk Bata digeser oleh merk New Balance dan Nike.

    Merk Bata kembali naik ke peringkat 7 menggeser New Balance di tahun 1995 namun berada di bawah peringkat merk Nike. 

    Pada tahun 2005 sepatu Bata berada di peringkat ke 8 setelah digeser posisinya oleh sepatu merk Gucci, dan posisi sepatu merk Bata di peringkat ke 8 itu bertahan hingga tahun 2019.

    Inilah peringkat sepatu terfavorit dan terpopuler saat ini di dunia;

    1. Nike
    2. Adidas
    3. Reebok
    4. Converse
    5. Puma
    6. Lee Cooper
    7. Gucci
    8. Bata
    9. Liberty
    10. Vans
    11. Fila
    12. Woodland
    13. Testoni
    14. Under Armour
    15. Johnston and Murphy
    16. New Balance
    17. Hush Puppies

    Apakah dari merk sepatu-sepatu di atas terdapat yang anda pakai ? (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...