Potret Kemandirian Desa Bumi Asih di Tengah Pandemi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 10 Februari 2021

    Potret Kemandirian Desa Bumi Asih di Tengah Pandemi

    Desa Bumi Asih satu desa yang berada di pelosok Kabupaten Kotabaru di masa pandemi tetap berusaha meningkatkan perekonomian warganya.

    Desa yang berdir sejak tahun 1984 ini dulunya adalah desa transmigrasi KUPT SP 5 Sungai Kupang; merupakan potret desa yang sederhana yang tetap menjadikan gotongroyong sebagai perekat kehidupan warganya.

    Desa Bumi Asih yang masuk dalam wilayah administrasi Pemerintahan Kecamatan Kelumpang Selatan ini terdiri dari 6 RT dengan 229 KK dengan penduduk kurang lebih 600 jiwa yang sebagian besar adalah petani.

    Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini Desa Bumi Asih yang dipimpin seorang Kepala Desa yang cukup inovatif, Supardi, mampu meningkatkan taraf hidup warga desanya.

    Hasil pertanian sawah yang surplus hingga mampu menjual ke desa tetangga, juga memiliki potensi peternakan, perikanan darat dan usaha kecil yang siap merajut asa warganya.

    Kehidupan sederhana warga Desa Bumi Asih tetap dijaga dan dibina oleh pemangku kebijakan di desa. Sinergisitas antara Desa, BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas terus dipelihara untuk menjaga kondusifitas desa.

    Kini Desa Bumi Asih yang memiliki luas 14 ribu hektar persegi ini juga memiliki embung mini yang mampu menyuplai kebutuhan air bersih bagi warganya meski di saat musim kemarau.

    Terobosan demi terobosan terus dilakukan Kepala Desa untuk mengangkat kemajuan desanya, diantaranya adalah wacana pembangunan agrowisata di desanya. Satu lahan akan disulap menjadi kolam pemancingan dan kolam renang yang akan menjadi tempat bermain baik bagi warga desa maupun warga desa tetangga. Dengan pengelolaan keuangan dan sistem pembangunan yang baik, Desa Bumi Asih bisa menyelesaikan proyek pembangunan desa. 

    Hanya saja Pemkab Kotabaru harus pula memperhatikan infrastruktur terutama jalan kecamatan yang menghubungkan antar desa sebagai satu diantara unsur penunjang kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian warga khususnya di Kecamatan Kelumpang Selatan. (DBG)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...