Terobosan Petani Desa Sungai Pasir Bikin Pupuk Organik Kemasan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 11 November 2020

    Terobosan Petani Desa Sungai Pasir Bikin Pupuk Organik Kemasan

    Kelompok Tani Jaya Tani Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah Kotabaru, melakukan terobosan di bidang pertanian khususnya dalam pengemasan pupuk Organik.

    Setelah melakukan persiapan, akhirnya kelompok tani yang dibina oleh Mantri Tani, Fatoni; berhasil memproduksi pupuk organik dalam kemasan dengan nama produk "JAMBTANI".

    Pupuk Jambtani dikemas dalam kemasan kecil ini merupakan pupuk organik berbahan dasar limbah kotoran ternak kambing milik petani.

    Dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 10 ribu, berat 2 kg per kemasan, Fatoni yakin dan optimis pupuk organik produksi Kelompok Tani Jaya Tani binaanya ini akan diterima pasar.

    "Pupuk ini sudah kami kemas sedemikian agar terlihat menarik, serta harga yang terjangkau bagi masyarakat," ungkap Fatoni.

    Lebih lanjut Fatoni menjelaskan, pupuk organik Jambtani ini melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan efektive micro organism, trichoderma dan tambahan kapur pertanian dan molase.

    "Hasilnya tentu sudah cukup lembut juga sangat bagus sebagai pupuk untuk tanaman, karena mengandung unsur N, P2O5 dan K2O," tutupnya.

    Pengemasan pupuk Jambtani ini masih dilakukan secara manual oleh para pengurus dan anggota Kelompok Tani Jaya Tani. Sampai hari ini Rabu (11/11/20)  pupuk ini sudah produksi sebanyak 230 bungkus atau seberat 640 kg.

    Langkah awal Kelompok Tani Jaya Tani hanya melakukan pemasaran secara lokal di wilayah Kecamatan Pulau Laut Tengah, namun tidak menutup kemungkinan jika produk pupuk organik ini diterima masyarakat akan diproduksi dengan skala besar. (RS)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...