DLHD Kotabaru Akan Bangun Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomis - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 20 November 2020

    DLHD Kotabaru Akan Bangun Pengolahan Sampah Bernilai Ekonomis

    Program TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle) adalah satu diantara upaya dalam pemanfaatan sampah rumah tangga menjadi bernilai ekonomis.

    Pengelolaan Sampah Sampah Reuse, Reduce dan Recycle ( mengurangi - menggunakan - daur ulang) dengan pendekatan pengelolaan mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilahan sampah, seperti pengolahan sampah organik menjadi kompos (pupuk) yang nantinya bisa dijual kembali.

    Tujuan program ini adalah memberikan sarana kepada masyarakat di suatu kawasan pemukiman yang ingin melakukan pengelolaan sampah berbasis kemasyarakatan melalui kerjasama dengan bank sampah yang sudah ada.  

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Kotabaru, Arif Fadillah, yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan sampah rumah tangga yang sudah dipilah yang memiliki nilai ekonomis, pemilahan ini perlu tempat untuk itu akan dibangunkan TPS3R yang akan diperlengkapi fasilitasnya antara lain timbangan dan pengolahannya yang nanti akan dikelola oleh kelompok masyarakat yang akan berkerjasama dengan Bank Sampah yang sudah ada di tiap desa.

    Menurut Arif Fadillah lagi, TPS3R ini akan sangat menguntungkan masyarakat karena TPS3R bukan tempat penumpukan sampah yang berbau seperti yang dipikirkan masyarakat, tetapi yang sudah dipilah yang bernilai ekonomis yang bisa dijual dan menghasilkan bagi masyarakat, sedangkan sampah yang tidak ada nilainya akan dibawa ke TPA di kawasan Desa Sungup.

    " TPS3R tidak menampung sampah berbahaya dan berbau seperti yang dikuatirkan oleh masyarakat," kata Arif Fadillah. (DBG)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...