Rutan Kelas II-B Kuala Kapuas Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Warga Binaan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 03 September 2020

    Rutan Kelas II-B Kuala Kapuas Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Warga Binaan

    Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Kuala Kapuas berkerjasama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Permasyarakatan menjalankan program Open Camp Bunga Mawar yang memanfaatkan lahan tidur, dan kini melakukan panen raya perdana yang berlokasi di Desa Bunga Mawar Handel Gaben, Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas Kalteng, Kamis (03/09/20).


    Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yang bertujuan meningkatkan kualitas warga binaan guna menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui berbagai pelatihan keterampilan diantaranya mewujudkan ketahanan pangan melalui penanaman tanaman pangan.

    Kepala Rutan Kelas II-B Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto pada kesempatan tersebut menjelaskan, pada program ini pihaknya memulai proses awal dari Maret 2020 lalu mengelola lahan tidur di Desa Bunga Mawar yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

    “Lahan yang digarap ini menanam bibit Padi Siam hasil sumbangan masyarakat dan sudah dapat kita panen bersama. Dari luas lahan 4 Hektar, yang baru tergarap seluas 1,5 hektar, dan kami akan berusaha untuk melanjutkan sisanya,” ungkap Toni Aji.

    Diharapkannya dengan panen perdana ini dapat mengundang Stakeholder maupun instansi terkait agar ikut serta bersama-sama mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan, terlebih khusus guna memberikan pemahaman bahwa para warga binaan juga dapat berprestasi melalui prosedur pembinaan.

    “Ke depannya kami bercita-cita selain pengembangan sektor pertanian, juga dapat mengembangkan sektor lainnya seperti hortikultura, perikanan, unggas dan lain-lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi para warga binaan sendiri,” kata Tony pula.

    Kegiatan ini menurut Tony murni tidak memungut biaya, dan apabila terjadi maka laporkan melalui saluran yang telah disediakan. (Dolok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...