Editorial | Stop Kriminalisasi Pers; Didekasikan Untuk Diananta Putra Sumeda - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 06 Juni 2020

    Editorial | Stop Kriminalisasi Pers; Didekasikan Untuk Diananta Putra Sumeda

    Agus Rismalian Nor, SH*
    Adalah Nanta atau Diananta Putra Sumedi, seorang Jurnalis yang saat ini mengalami dugaan kriminalisasi atas profesinya sebagai Insan Pers dan saat ini sedang mendekam di Tahanan Polres Kotabaru. Nanta ditahan karena dituduhkan telah melanggar UU ITE atas pemberitaanya di kanal berita Banjarhits.id.

    Di luar dari perkara yang saat ini dihadapinya, saya pribadi pernah berjumpa dengan Nanta sekira pertengahan tahun 2017, kala itu nanta mengajak saya untuk bertemu dan diskusi terkait perkara ilegal mining yang sedang marak merajalela. Kami bertemu di satu hotel yang ada di Kecamatan Satui sambil sharing informasi tentang ilegal mining. Dalam perjumpaan itu Nanta banyak mencatat tentang berbagai informasi yang berhasil dia gali melalui saya seraya sambil merekam beberapa potongan diskusi kami untuk bahan pemberitaannya di satu majalah yang terbit Nasional dan terkenal kritis sejak zaman Orba. 

    Di mata saya meski hanya beberapa kali berjumpa, Nanta adalah sosok Jurnalis/Wartawan yang cerdas, berprinsip dan ulet dalam menggali sumber berita.

    Saya sangat perihatin dengan perkara yang saat ini menimpa Nanta yang merupakan seorang Pekerja Pers. Dengan adanya dugaan kriminalisasi terhadap Nanta; kebebasan Pers yang dilindungi UU Pers di negara kita ini pun dipertanyakan ?

    Stop Kriminalisasi Pers...!!!

    *Agus Rismalian Nor, adalah seorang Advokat, Penggiat Ormas dan Penasihat Hukum Jurnalisia Online. 

    ----------©----------
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...