Tagana Kapuas Berperan Aktif Bantu Tangani Pandemi COVID-19 - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Sabtu, 16 Mei 2020

    Tagana Kapuas Berperan Aktif Bantu Tangani Pandemi COVID-19

    Peranan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas yang dibawahi Dinas Sosial turut andil pada upaya penanggulangan pandemi COVID-19 dan terlihat sangat nyata aktif membantu pemerintah daerah serta masyarakatnya.

    Kesigapan Tagana ini terlihat dari
    mengelola dapur umum dan andil membantu persiapan pemakaman jenazah terpapar COVID-19, serta memberikan edukasi pada warga pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.

    "Di bawah Dinas Sosial para relawan Tagana mengelola dapur umum untuk para petugas Posko, petugas keamanan, dan menyiapkan makanan di rumah karantina," kata Rahmadi, Koordinator Tagana Kapuas, Sabtu (16/05/20).

    Ditambahkannya tugas sosial itu mereka lakukan sejak wabah mulai masuk hingga Kapuas menjadi zona merah dan ditetapkan status tanggap darurat.

    Relawan  Tagana ini juga membantu dalam mempersiapkan peti jenazah jika ada yang meninggal dunia. Namun untuk teknis pemakaman diserahkan kepada Tim Gugus Tugas sesuai protokol kesehatan COVID-19.

    Kepala Dinsos Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan peran fungsi Tagana pada masyarakat perlu dilakukan agar masyarakat memahami tugas dan fungsi Tagana yang merupakan relawan sosial yang menanggulangi bencana, termasuk bencana non alam. (Dolok)

    ----------©----------
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...