[Infokus] Covid-19 dan PSK Yang Melayani Awak Kapal - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 23 Maret 2020

    [Infokus] Covid-19 dan PSK Yang Melayani Awak Kapal

    Tidaklah kekuatiran yang berlebihan dari seorang Narasumber kami yang tak mau disebutkan identitasnya.
    Ia hanyalah mengingatkan perlunya Pemkab Kotabaru benar-benar serius dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang sudah dinyatakan sebagai pandemik.

    Kesiapan Alat Pelindung Diri (APD) mutlak diperlukan dan dalam kondisi siap jika sewaktu-waktu diperlukan. Disamping itu di tiap tempat umum mesti disiapkan peralatan dan air ubtuk cuci tangan bagi warga virus tak menyebar melalui media tangan saat bersalaman ataupun memegang sesuatu yang bisa jadi media tersebarnya virus.

    Kemudian dugaan adanya para wanita pekerja seks komersial (PSK) yang mendatangi kapal-kapal dari luar daerah maupun luar negeri; perlu dilakukan pemantauan yang serius sekembalinya mereka dari menemui dan mendatangi penggunanya di atas kapal, agar kesehatan mereka diperiksa secara serius dan intensif.

    "Ada yang tak terpantau beberapa perempuan penjual jasa ke kapal-kapal asing di perairan kita. Kemudian mereka balik ke darat dan bertemu orang lain, ini rawan terjadi penyebaran Covid-19," ungkap Narasumber kami.

    Selain itu para buruh bongkar muat di kapal-kapal barang/kargo pun sebelum kembali ke darat haruslah diperiksa terlebih dahulu, dan dipastikan benar-benar negatif oleh Covid-19.

    Kekuatiran adalah sesuatu yang sangat wajar dan manusiawi pada kondisi seperti sekarang ini, karena mencegah adalah jauh lebih baik daripada mengobati. (ISP) 
    ----------©----------
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...