Pemprop Kalteng Konsentrasi Terhadap Pengelolaan Lingkungan - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 15 Januari 2020

    Pemprop Kalteng Konsentrasi Terhadap Pengelolaan Lingkungan

    "Dengan dasar Peraturan Gubernur Kalteng Nomor  39 Tahun 2016  Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalteng yaitu membantu Gubernur untuk melaksanakan penataan lingkungan di Propinsi Kalteng, melaksanakan pengelolaan sampah, limbah bahan racun berbahaya, pengendalian pencemaran kerusakan lingkungan serta penataan hukum lingkungan dan peningkatan kapasitas di bidang lingkungan hidup."

    Hal itu seperti disampaikan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalteng, Essau A. Tambang, Selasa (14/01/20).

    Ditambahkannya, "Berdasarkan Pergub tersebut, pada tahun 2019, DLH Kalteng  sudah menyusun Rencana  Perlindungan dan Pengelolaan  Lingkungan  Hidup (RPPLH) Daerah Propinsi Kalteng serta daya dukung dan daya tampungnya. RPPLH yang merupakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan  dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.  Penyusunan  RPPLH dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. Diharapkan RPPLH dapat selesai di tahun 2020 ini."

    Tahun 2021 Dinas Lingkungan Hidup akan  menyusun kajian strategis untuk RPJMD untuk tahun pembangunan jangka waktu berikutnya. Kajian Lingkungan hidup strategis begitu erat kaitannya dengan RTRWP yang sudah berjalan 5 tahun sejak tahun 2015.  
    Essau juga menuturkan, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran berkonsentrasi terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan. DLH Kalteng bersama BNPB dan seluruh lembaga vertikal dan didukung oleh Pemerintah Pusat akan lebih berkonsentrasi dan siap siaga dalam menghadapi musim kemarau maupun musim hujan. (Dolok)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...