RSUD dan Puskesmas se Tanah Bumbu Perkerjakan Tenaga Surveilans - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Jumat, 05 Juli 2019

    RSUD dan Puskesmas se Tanah Bumbu Perkerjakan Tenaga Surveilans

    Courtesy : mutupelayanankesehatan
    Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bumbu, ternyata memiliki 1 Tenaga Surveilans untuk mendeteksi dan mengetahui penyakit yang menyebar dan menyerang di masyarakat.

    "Tenaga yang diperkerjakan untuk survey penyakit di RSUD adalah dari Kesehatan Lingkungan yang tugasnya tidak fokus dan spesifik untuk mendeteksi dan mengetahui penyakit," ungkap satu sumber Pemerhati Kesehatan Lingkungan di Tanah Bumbu.

    Ditambahkannya, tak cuma di RSUD Tanah Bumbu yang belum memperkerjakan tenaga khusus Surveilans ini tapi juga di RS Marina Permata. Namun menurutnya pihak RS Marina Permata sangat apresiatif terkait tenaga Surveilans ini dan akan memperkerjakannya seperti di banyak rumah sakit yang memiliki khusus tenaga tersebut.

    Direktur RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor, dr. Arman Jaya Riki ketika dihubungi lewat ponsel terkait Tenaga Surveilans ini; tak merespons.

    Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, H. Damrah, SKM, minimal di setiap Puskesmas terdapat 1 Tenaga Surveilans ini (ada 14 Puskesmas se Tanah Bumbu), di RSUD minimal terdapat 1, dan di Dinkes juga terdapat 1 Kepala Seksi dan Staf Surveilans.

    "Biasanya Surveilans ini ada yang memang pendidikan/jurusan Surveilans, dan.. ada juga jurusan/profesi lain seperti Kesling tapi mendapat Diklat Khusus Ilmu  Surveilans," jelas H. Damrah. (Red)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...