Mengubah Pulau Manti Menjadi Spot Destinasi Wisata Kotabaru - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Senin, 15 Juli 2019

    Mengubah Pulau Manti Menjadi Spot Destinasi Wisata Kotabaru


    Kesan seram dan angker Pulau Manti kini berubah menjadi alternatif satu destinasi wisata pulau di Kotabaru yang patut diperhitungkan kini.

    Pulau Manti yang konon dulu merupakan tempat isolasi warga yang kena penyakit kusta ini sempat menjadi tempat persinggahan nelayan penangkap ubur-ubur.

    Luas pulau yang bila dikelilingi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit ini memiliki pantai pasir putih yang cukup bersih. Eksotik karena  berada di tengah laut. Disini kita bisa menikmati sunset maupun sunrise. 

    Pulau kecil yang masuk dalam wilayah Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku ini kini mulai bersolek. Tentu masih banyak kekurangan bila ingin bersaing sebagai tempat wisata. Perlunya dermaga, tempat peristirahatan yang layak, serta sarana pendukung lainnya.


    Transportasi juga menjadi syarat utama bila pulau ini ingin berkembang sebagai destinasi wisata bahari. 

    Satu pekerjaan rumah yang tidak mudah dan murah bila ingin melihat pulau ini berubah menjadi pulau tujuan wisata. Harus ada kemauan yang keras dengan didukung anggaran agar Pulau Manti bisa berubah wajah.

    Pemberdayaan masyarakat juga mutlak diperlukan. Kepedulian masyarakat menjaga keindahan serta keasrian pulau dibutuhkan agar pulau ini terjaga.

    Keterlibatan pihak ketiga pun sangat bermanfaat untuk menjadikan pulau ini menyedot pendapatan tidak saja bagi Pendapatan Asli Daerah (PAS) tapi juga tentu bagi masyarakat.

    Tinggal sekarang kemauan Pemerintah Daerah yang bisa merubah metamorfosa pulau ini menjadi satu tujuan wisata bahari di Kotabaru. Apakah cukup puas dengan keadaannya yang sekarang atau ingin lebih menarik dengan tampilan dan kemasan baru sebagai paket tujuan wisata atau ingin kembali seperti dulu hanya sebagai tempat yang seram dan persinggahan sementara para nelayan.(dbg)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...