Dispora Kotabaru Adakan Perlombaan Permainan Tradisional - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 25 Juni 2019

    Dispora Kotabaru Adakan Perlombaan Permainan Tradisional


    Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru, Selasa (25/06/19), melaksanakan Festival Olahraga Tradisional dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke 69 Tahun 2019, bertempat di Halaman Wisata Taman Siring Laut Kotabaru. 

    Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya terutama olahraga tradisional yang saat ini sudah jarang dilakukan permainannya oleh orang banyak disebabkan kemajuan teknologi seperti gadget, ponsel, games online maupun offline, yang sekarang justru digandrungi oleh kalangan anak muda milenial.  

    Dengan adanya festival permainan tradisional yang dilombakan seperti tarik tambang, balogo, engrang, bakiak, bagasing, dan asinan; diharapkan generasi muda sekarang bisa melestarikan dan ikut serta andil memajukan permainan tradisional ini.
    Even lomba permainan tradisional ini juga sudah sering dipertandingkan baik itu tingkat kabupaten, propinsi, nasional maupun internasional. Namun untuk di Kabupaten Kotabaru sendiri hanya dipertandingkan setahun sekali.

    Festival Permainan atradisional dibuka langsung oleh Bupati akotabaru, Said jlJafar didampingi oleh Kadispora, Ir. Hairuddin, M.Si, Kasat Binmas Polres Kotabaru, AKP Rosadi, Danpom Lanal, Kodim 1004, Ketua TP PKK, Hj. Fatma Idiana, Jalasenastri, Bhayangkari, dan Persit Kartika Chandra Kirana.

    Para peserta yang ikut perlombaan berasal dari Kodim 1004, Lanal, SKPD, Pelajar dan Umum.

    Pada sambutannya Bupati Kotabaru mengatakan, even seperti ini perlu digiatkan lagi tidak hanya setahun sekali dipertandingkan tetapi harus berlanjut terus setiap per 3 bulan sekali. Jadi permainan tradisional ini tidak terlalu lama terlupakan.

    Sedangkan Kadispora Kotabaru mengatakan, akan melaksanakan even tersebut sesuai arahan Bupati dan para pemenang ini akan dibawa nantinya bila ada even yang sama di tingkat Propinsi.
    Adapun untuk para pemenang diberikan hadiah berupa tropy, piagam serta uang pembinaan. (Anto)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...