Pemkab Tanah Bumbu Adakan Donor Darah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Selasa, 05 Mei 2015

    Pemkab Tanah Bumbu Adakan Donor Darah

    -Waket PMI Tanah Bumbu, H. Tajerian Noor Sumbangkan Darahnya.

    TANAH BUMBU,
    Untuk memenuhi pasokan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Abdurrahman Noor, Pemkab Tanah Bumbu melalui Palang Merah Indonesia (PMI) setempat melaksanakan Bhakti Sosial Donor Darah Dalam Rangka Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 12, Kamis (30/4/15) di lantai dasar perkantoran Bupati Tanah Bumbu.


    Ketua PMI Tanah Bumbu, Drs. Gusti Hidayat mengatakan pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah ini merupakan inisiasi dari Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming yang menginginkan agar pasokan darah di RSUD terpenuhi setiap bulannya.


    Dengan terpenuhinya pasokan darah tentunya merupakan bagian dari pelayanan dan manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.


    “Ini merupakan bagian dari pelayanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” ujar Mantan Sekdakab Tanah Bumbu periode 2011-2013 ini.


    Kebutuhan pasokan darah di RSUD setiap bulannya mencapai 100 hingga 200 kantong darah lebih. Dengan adanya donor darah diharapkan dapat membantu pasokan darah setiap bulannya. Menurut seorang Petugas RSUD Tanah Bumbu, banyaknya darah yang diperlukan setiap bulannya tersebut dikarenakan banyaknya operasi yang dilakukan terutama operasi caesar yang mana merupakan Program Pelayanan Kesehatan Gratis dari Pemkab Tanah Bumbu bagi para ibu hamil dari warga tak/kurang mampu.
    Darah yang diambil dari pendonor, ujar Gusti Hidayat akan diserahkan ke RSUD dr. Andi Abdurrahman Noor yang sebelumnya akan disterilisasi terlebih dahulu.


    Di sisi lain Gusti Hidayat mengatakan, permasalahan yang dihadapi oleh PMI saat ini yaitu ketersediaan dari golongan darah AB dan A.


    “Dari pendonor yang ada, rata-rata golongan darahnya O. Sangat sulit mencari pendonor dengan golongan darah AB dan A. Kalau pun ada, para pendonor terkendala masalah fisiknya yang kurang fit sehingga tidak jadi mendonor,” ujarnya.
    Ia pun mengimbau kepada pemilik golongan darah AB dan A untuk ikut mendonor di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PMI.


    Adapun target kantong darah pada pelaksanaan Bhakti Sosial Donor Darah Pemkab Tanah Bumbu bekerjasama dengan PMI, PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin, dan Jhonlin Baratama sebanyak 300 kantong darah. Sedangkan pendonor yaitu seluruh PNS Pemkab Tanah Bumbu,  Kodim 1022 Tanah Bumbu, Polres Tanah Bumbu, Instansi Vertikal di Tanah Bumbu, karyawan perusahaan di Tanah Bumbu, juga beberapa Kru Media. 
    Pada kesempatan itu juga turut mendonorkan darahnya adalah Wakil Ketua PMI tanah Bumbu, H. Tajerian Noor yang juga merupakan Ketua KONI Daerah Tanah Bumbu 2 periode. Ia menyumbangkan darahnya sebanyak 350 cc. Selain itu yang diketahui ikut menyumbangkan darahnya adalah Syafruddin H Maming, Anggota DPRD Propinsi Kalsel dari PDIP, dan Ketua Adat Mappanre Ritasi'e Pagatan, Drs. Burhansyah. (Relhum) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...