Tanah Bumbu Kirim Teknisi Peternakan ke Lomba Tingkat Propinsi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 26 April 2015

    Tanah Bumbu Kirim Teknisi Peternakan ke Lomba Tingkat Propinsi

    TANAH BUMBU,
    Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu (Distanpanak) mengikutsertakan petugas teknis peternakan terbaiknya untuk mewakili Kabupaten Tanah Bumbu pada Lomba Kelompok Tani Ternak (KTT) dan Lomba Petugas Teknis Peternakan Berprestasi (PTPB) Tahun 2015 Tingkat Propinsi Kalsel.

    Lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Propinsi Kalimantan Selatan tersebut bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi kinerja petugas teknis peternakan dan kelompok tani ternak dalam upayanya untuk meningkatkan pembangunan di sektor peternakan.

    Kepala Distanpanak Tanah Bumbu, Abdul Karim mengatakan peserta yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu ketingkat Propinsi tersebut merupakan hasil binaan dari Distanpanak Tanah Bumbu yang telah berprestasi  di tingkat Kabupaten.

    Adapun Kelompok Peternak yang mewakili Tanah Bumbu yaitu Peternak Jaya Desa Sumberbaru Kecamatan Angsana, Kelompok Peternak Sumber Makmur Desa Batarang Kecamatan Kusan Hilir dan Kelompok Peternak Rojokoyo Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe kategori sapi potong.

    Sedangkan untuk petugas teknis peternakan yaitu drh. Budi Pahalawan dari Puskeswan Sebamban kategori Dokter Hewan, Hanafi dari Puskeswan Angsana Kategori Paramedik, dan Warsito dari Pos IB Giri Mulya untuk kategori Inseminator/mantra kawin suntik.

    Sebelum mengikuti lomba ke tingkat propinsi, Distanpanak Tanah Bumbu terlebih dahulu memberikan pembekalan kepada peserta lomba.

    “Pembekalan diberikan untuk mendorong semangat peserta lomba. Selain itu, juga untuk pembenahan dari aspek teknis, baik manajemen pemeliharaan, dinamika kelompok kas kelompok, pembukuan dan sebagainya,” ujar Abdul Karim, Jumat (26/4/15), di Gunung Tinggi Batulicin.

    Terkait peluang untuk berprestasi di tingkat Propinsi, Abdul Karim mengatakan masih terbuka lebar karena kapasitas peserta antar Kabupaten bisa dikatakan cukup merata.

    “Memang ada Kabupaten lain yang lebih kelihatan menonjol untuk beberapa kategori seperti Kabupaten Tanah Laut untuk Kategori Sapi Potong dan Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk Kategori Itik. Tetapi hal tersebut tidak mengecilkan semangat kami untuk dapat berprestasi lebih baik lagi,” kata Abdul Karim.

    Untuk prestasi menurut Abdul Karim, Kabupaten Tanah Bumbu tidak kalah dengan Kabupaten lain di Kalsel. Pada tahun 2009 saja, untuk kelompok peternak kambing pernah meraih juara 1 dan untuk kelompom sapi potong pernah meraih juara 2. Sedangkan pada tahun 2014, untuk kategori Dokter Hewan meraih juara 2, dan Paramedik Juara 3. (Relhum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...