Direktur Promosi Wisata Dalam Negeri Hadiri Pesta Mappanre Ritasi'e - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 26 April 2015

    Direktur Promosi Wisata Dalam Negeri Hadiri Pesta Mappanre Ritasi'e

    TANAH BUMBU,

    Direktur Promosi Dalam Negeri dari Kementerian Pariwisata RI, Tasbir, menyatakan  budaya leluhur perlu terus dikembangkan agar keberadaannya tidak hilang dimakan jaman.
     
    Hal tersebut disampaikan oleh Tasbir pada saat menghadiri acara adat pesta laut Mappanre ritasi'e di daerah pesisir tepatnya di kawasan Obyek Wisata Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (26/4/15). 
     
    "Budaya leluhur perlu terus dikembangkan. Dan Kabupaten Tanah Bumbu sudah memiliki budaya itu berupa acara adat Pesta Laut Mappanre ritasi'e," katanya.
     
    Tasbir menambahkan, Pesta Laut Mappanre ritasi'e merupakan satu dari kekayaan budaya lokal yang juga perlu dilestarikan.
     
    Pemkab Tanah Bumbu juga sudah mengusulkan ke Kementerian Pariwisata RI agar budaya tersebut menjadi satu kekayaan budaya di tingkat Nasional. 
     
    Pada kesempatan tersebut, Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming juga mengatakan, pesta adat Mappanre ritasi'e adalah bentuk implementasi rasa syukur masyarakat di daerah pesisir atas melimpahnya hasil laut yang selama ini diperoleh.
     
    Tradisi ini sudah berlangsung secara turun-temurun hingga menjadi satu unsur budaya masyarakat lokal yang kondisinya terus berkembang. 
     
    Selain Mappanre ritasi'e katanya, tidak sedikit potensi wisata di Kabupaten Tanah Bumbu yang juga tidak kalah menarik untuk dilestarikan. Seperti Pantai Angsana di Kecamatan Angsana, Pantai Rindu Alam di Kecamatan Sungai Loban, dan Goa Liang Bangkai di Kecamatan Kusan Hilir yang semuanya juga cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.
     
    "Namun semuanya masih perlu kita benahi secara bertahap. Dan untuk tahap awal ini saya ucapkan terimakasih pada Kementerian Pariwisata yang sudah mulai mengagendakan acara adat Mappanre ritasi'e menjadi budaya nasional untuk menuju internasional," katanya. (Relhum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...