Hasil Perikanan di Tanah Bumbu Melimpah - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Rabu, 25 Maret 2015

    Hasil Perikanan di Tanah Bumbu Melimpah

    TANAH BUMBU,
    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tanah Bumbu, Ir. H. Rahmad mengatakan  ikan hasil tangkapan nelayan Tanah Bumbu sangat diminati konsumen dari luar daerah. 

    Dari data yang ada, kata H. Rahmad, jumlah produksi perikanan Tanah Bumbu pada tahun 2014 sebanyak 46 ribu ton lebih. Sedangkan  kebutuhan konsumsi ikan per tahun berdasarkan jumlah penduduk, maka total konsumsi masyarakat Tanah Bumbu sebanyak 14 ribu ton per tahunnya. Dari total tersebut artinya ikan di Tanah Bumbu masih melimpah. Dan kelebihan tersebut dipasarkan ke seluruh daerah di  Kalsel dan diluar propinsi Kalsel.
    “Geliat sektor perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu  terlihat dari aktivitas setiap paginya di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Simpang Empat yang setiap harinya terlihat sekitar 500 lebih pembeli yang berkendaraan roda dua dan roda empat yang bertransaksi untuk membeli dan mencoba memasarkan kembali hasil tangkapan nelayan baik untuk dijual kedalam daerah maupun keluar daerah,” ujar H. Rahmad, Selasa (24/3/15).
    Adapun tujuan daerah pemasarannya, kata H. Rahmad, yaitu wilayah Banjarmasin, Hulu Sungai, bahkan ada yang ke Kalimantan Timur.
    Selain itu, kata H. Rahmad, berdasarkan hasil uji laboratorium dari Dinas Perikanan Propinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Bumbu, ikan yang dijual dan dipasarkan di pasar-pasar tradisional di Tanah Bumbu tidak mengandung formalin atau bebas dari zat kimia berbahaya, sehingga semakin menggeliatkan sektor perikanan di Tanah Bumbu.
    Selain fokus pada peningkatan sektor produksi perikanan, pemerintah daerah  juga terus berkomitmen untuk mendorong dinamika perekonomian nelayan melalui pengembangan sektor pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. 
    Kegiatan usaha hasil perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu terus tumbuh dan berkembang, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya usaha industri kecil penjual hasil pengolah perikanan yang tersebar di sepanjang jalan Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.
    Adapun olahan hasil perikanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu seperti kerupuk ikan, amplang, bakso ikan, ikan asin, dan terasi. (Relhum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...