DPRD Bungo Jambi Kunjungi Tanah Bumbu - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Kamis, 26 Maret 2015

    DPRD Bungo Jambi Kunjungi Tanah Bumbu

    TANAH BUMBU,
    PemKAB Tanah Bumbu menerima kedatangan Anggota DPRD Kabupaten Bungo Propinsi Jambi dalam rangka kunjungan kerja pengayaan materi dan pembelajaran tentang penataan dan pengelolaan kegiatan usaha pertambangan, Kamis (26/3/15) di Batulicin.

    Kedatangan rombongan DPRD Komisi III KabUPATEN Bungo tersebut diterima Asisten I Bidang Pemerintahan Setda TanAH bUMbu, H.M. Id’jrai dan para pejabat di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu.

    Ketua Rombongan Komisi III DPRD Kabupaten Bungo, H. Martunis mengatakan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja yaitu ingin mengetahui tentang pengelolaan kegiatan usaha pertambangan yang ada di Tanah Bumbu seperti dana bagi hasil sektor pertambangan, pengelolaan reklamasi, peraturan daerah, hingga pada sanksi bagi pelaku usaha yang melanggar peraturan dan tidak memenuhi tanggungjawabnya di bidang pertambangan.

    Menurut Martunis, Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tanah Bumbu memiliki kesamaan potensi daerah yang dimiliki seperti potensi sektor pertanian, sektor perkebunan kelapa sawit, dan sektor pertambangan batubara dan bijih besi.

    Melihat kesamaan potensi-potensi daerah tersebut, maka Kabupaten Tanah Bumbu menjadi tujuan kunjungan kerja komisi III untuk lebih mengetahui dengan jelas bagaimana pengelolaan sektor pertambangan.

    H.M. Id’jrai mengatakan Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah pemekaran di Propinsi Kalimantan Selatan. Dan pada tanggal 8 April 2015 berusia 12 tahun. Adapun APBD Tanah Bumbu sebesar Rp. 1,5 triliun yang satu dari penyumbang PAD-nya yaitu disektor pertambangan.

    Kabupaten Tanah Bumbu dibawah kepemimpinan Bupati Mardani H Maming yang sudah berjalan sekitar 4,5 tahun tengah fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang satu diantaranya yaitu melalui pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan gratis, kesehatan gratis, dan program peningkatan perekonomian masyarakat lainnya d isektor perkebunan, pertanian, perikanan, dan lainnya.
     
    Terkait kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Bungo, Asisten I menyatakan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas kunjungan kerja ke Tanah Bumbu. Melalui kunjungan kerja diharapkan kedua Kabupaten dapat saling bertukar informasi dan bertambahnya wawasan di kedua belah pihak.

    Selain itu pula dengan kunjungan kerja seperti ini diharapkan dapat menjalin tali silaturahmi dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

    Sementara itu, terkait pengelolaan sektor pertambangan di Tanah Bumbu, maka pemerintah daerah melalui Bagian Hukum telah membuat peraturan daerah tentang pertambangan umum seperti ekspor, Perda Retribusi, hingga pada Perda pengelolaan pasca tambang atau reklamasi.

    Dalam hal pengelolaan reklamasi maka diarahkan pada hal-hal yang bernilai ekonomis bagi warga seperti reklamasi dengan menanam pohon karet, sawit, atau pohon jarak.

    Adapun rombongan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Bungo terdiri dari 13 orang. Sedangkan SKPD Tanah Bumbu yang berhadir pada kunjungan kerja tersebut yaitu Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Badan Lingkungan Hidup Daerah, dan Bagian Hukum Setda. (Rahmiadi/Hum)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...