Interaktif | Bronjong, Bikin Pantai Pagatan Tak Seindah Dulu Lagi - Jurnalisia™

  • Jurnalisia™

    Mengusung Kearifan Lokal

    Jurnalisia™

    Sumber Data Cuaca: https://cuacalab.id

    Minggu, 29 September 2024

    Interaktif | Bronjong, Bikin Pantai Pagatan Tak Seindah Dulu Lagi

    Tanah Bumbu,
    Terkesan asal bangun dan asal jadi proyek. Itulah yang tampak dari bangunan yang disebut Bronjong yang menjadi pemandangan di sepanjang Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Tanah Bumbu.

    Sepintas seperti bangunan dermaga, fungsi sebenarnya dari sejumlah Bronjong ini adalah untuk menahan gempuran ombak dari Laut Jawa terhadap sepanjang Pantai Pagatan yang riskan terhadap abrasi.

    Namun lihatlah, dengan keberadaan sejumlah Bronjong tersebut; Pantai Pagatan tidak lagi alami, tidak natural, dan pemandangan pun jadi rusak, karena kondisi pantai yang jadi tersekat-sekat.


    "Itu proyek dari Pemprop Kalsel yang sama sekali tak punya konsep menjaga kealamian pantai, asal bangun, dan tampaknya tak didahului oleh studi kelayakan terhadap kondisi pantai," ungkap seorang Mantan Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

    Menurut Mantan Legislator itu, seharusnya sebelum membangun sejumlah Bronjong tersebut; pihak yang berwenang di Pemprop Kalsel itu melakukan studi terkait dampak, dan melakukan studi ke daerah lain yang juga memiliki pantai seperti misalkan bagaimana konsep Pemprop Bali membangun penahan ombak di sejumlah pantai di Pulau Dewata itu.

    Dampak dari adanya sejumlah Bronjong itu adalah selain kondisi pantai yang jadi tersekat-sekat, juga terjadi penumpukkan pasir di beberapa titik pantai dan di beberapa titik lainnya justru tergerus. Dan yang jelas Pantai Pagatan yang cukup panjang jadi tidak seindah dulu. ©Jurnalisia™
    👀 2900

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Komentarmu adalah gambaran isi kepalamu, maka diam lebih bijak daripada sok tahu.

    Beranda

    ... ...